-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Nak, Maafkan Ibu Yang Tak Bisa Pulang Menyusuimu

Senin, 17 Mei 2021 | 18:49 WIB Last Updated 2021-05-17T11:52:29Z

Nak, ingin sekali ibu memeluk dan membelaimu sambil menyusuimu. Ingin sekali ibu menghangatkan ragamu dari dingin ac rumah kita. Ibu tidak pernah berharap untuk memeras air susu ibu ini dan mengirimkannya kepadamu melalui grab online.

Di ruangan sempit ini ibu harus melakukannya yang tidak seharusnya ibu lakukan untukmu. Namun karena panggilan dan tugas ibu untuk menyelamatkan nyawa banyak orang dari penularan virus corona 19 dan demi keselamatanmu nak, ibu harus melakukan ini untukmu.

Ibu ingin sekali pulang ke rumah untuk menggendong dan menimang-nimang dirimu, mendengarkan suara lirihmu saat menikmati kesegaran air susu ibu, namun pekerjaan ibu dan hanya untuk keselamatanmu nak, ibu harus mengambil jarak darimu untuk beberapa saat nak.

Nak, ibu merindukanmu. Ibu sangat ingin engkau menikmati air susu ibu seperti anak-anak lain seusiamu yang menikmati air susu ibu mereka dalam timangan kasih sang ibu. Namun ibu tak bisa memberikan itu untukmu nak. Lantaran keselamatanmu lebih berharga bagi ibu. Ibu tak ingin tubuh ibu, pakaian ibu yang sepanjang hari berjibaku menyelamatkan pasien covid 19 menjadi penyebab sakitmu kelak.

Nak meski air susu ibu hanya nak nimkati melalui botol susu ini, tidak mengurangi rasa cinta, kasih dan sayangku kepadamu demikian juga cinta, kasih dan sayangmu kepadaku yang engkau lantunkan dalam tangisan merdumu, pertanda engkau merindukan setetes kasih air susu ibu.

Nak, maafkan ibu tak bisa menghiburmu saat tangisanmu mencariku. Maafkan ibu yang tak bisa memelukmu saat engkau kedinginan. Maafkan ibu karena tidak setiap saat selalu berada di sampingmu, membelaimu dan bermain bersamamu. Maafkan ibu yang ketika tiba di rumah, mata mungilmu sudah tertutup dalam tidur pulasmu dan ketika hendak berangkat hanya ciuman kasih yang bisa ibu berikan kala ngkau masih menikmati mimpi indahmu.

Meskipun nak belum mampu mengerti dan memahami pekerjaan ibu sekarang, namun semoga dengan air susu ibu yang ibu kirimkan kepadamu melalui grab online yang menyegarkan dahagamu dan menghentikan sejenak tangisan hausmu kelak membuat nak bangga bahwa ibu tidak hanya menjadi pahlawan kehidupan bagimu tetapi juga menjadi pahlawan kehidupan bagi orang lain.

Catatan: Foto Seorang Perawat Di Salah Satu Rumah Sakit Makati-Manila-Pilipina.

Manila: 16-Mei 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update