-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Rindu Sang Bunda

Kamis, 13 Mei 2021 | 16:29 WIB Last Updated 2021-05-13T09:33:10Z
Di hari kemenanganmu dan di hari kemenanganku ada seorang ibu yang sedang merindukan perdamaian dan bukan permusuhan. Di tengah takbirmu berkumandang dan pujian bersama kidung para malaikat bersorak mengiringi Sang Putra naik ke Surga, ada seorang ibu yang sedang merindukan keramahan dan bukan kemarahan.

Ketika hari ini engkau merayakan fitrimu dan aku merayakan kenaikan Tuhanku, di antara kita ada seorang ibu yang sedang membisikan kepadamu dan kepadaku tentang perdamaian dan bukan permusuhan, tentang penghargaan dan bukan penistaan.

Sang ibu itu paling tidak mengingatkanmu akan sosok ibumu demikian juga mengingatkan aku akan sosok ibuku yang tak berhenti berdoa merindukanmu dan merindukanku sebagai anak yang tahu menghargai dan bukannya membenci serta yang tahu berbakti dan bukannya bersandiwara dalam kebohongan dan provokasi.

Di antara fitrimu dan kenaikan Tuhanku, sang ibu itu sedang membisikan kepadamu dan kepadaku, ketika tanganmu mendaraskan doa-doa dalam lingkarang tasbihmu dan ketika bibirku mendaraskan doa rosario ada persatuan yang sedang kita rekatkan di ujung lingkaran itu dan bukan perpecahan.

Di harimu yang fitri dan di hari kenaikan Tuhanku, sang ibu merindukan puasamu dan doaku adalah jalan menggapai kemenangan cinta dan bukan kemenangan keegoisan dan bersama membangun satu atap perdamaian dan bukan atap permusuhan.

Bunda yang merindukanmu dan merindukanku adalah Bunda Maria dari Fatima. Bunda yang terluka namun tak berhenti mendoakan. Bunda yang tersakiti namun tak berhenti mencintai. Bunda yang tak pernah lari dari jalan penderitaan, melainkan setia menemani dalam pelukan cintanya seraya berbisik halus; “kumerindukan pertobatan kalian.”

Jalanmu dan jalanku memang berbeda. Demikian sapaanmu dan sapaanku pada sang Bunda juga berbeda. Tapi paling tidak Bunda yang kuhormati mengingatkan engkau akan sosok ibumu disetiap perbedaan yang engkau lalui bahwa sang ibu selalu berdiri ditengah sedang mendoakanmu tanpa pernah mempersalahkanmu.

Diantara harimu yang fitri dan hari kenaikan Tuhanku, Bundaku: Bunda Maria dari Fatima sedang menyampaikan pesan perdamaian untukmu dan untukku sebagai kemenangan atas puasamu dan doaku.

Manila: 13-Mei 2021 (Penampakan Bunda Maria di Fatima)
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update