-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cendana, Dara Purba Jelita Yang Merana. Akankah Menjadi Kenangan?

Kamis, 17 Juni 2021 | 19:19 WIB Last Updated 2021-06-17T12:19:47Z
Pulau Sumba dahulu kala seperti dicatat oleh berbagai para ahli dari cerita rakyat sangat kaya dengan Cendana, namum dewasa seperti tinggal waktunya saja untuk hilang-lenyap dari bumi Marapu. 

Cendana ibarat seperti dara purba nan jelita yang begitu menggoncangkan, menggoda dunia perdagangan antar bangsa, namun saat ini begitu merana. Merana menuju kepunahan, kecuali ada  revolusi pembudidayaan. Mengembalikan pulau Sumba sebagai bumi sandalwood. 

Saat ini lewat program Pengembangan  Pohon Cendana Berkelanjutan di Sumba Timur,  Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang di dukung oleh Wahana lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) bersama Green Justice melakukan upaya penyelamatan pohon cendana di Sumba Timur. Saat ini sedang dibangun sentra pembibitan cendana dengan target memproduksi 20.000 anakan pohon cendana yang kemudian dari hasil pembibitan ini akan didistrubusikan ke setiap desa dengan catatan adanya upaya perlindungan dan pelestarian yang berkelanjutan dengan mengandeng seluruh unsur masyarakat dan pemerintah.

Pusat pembibitan cendana di kabupaten Sumba Timur bertujuan untuk  melestariakan cendana, kita ketahui bersama saat ini cendana semakin hari semakin berkurang. Kita perlu menanamnya kembali untuk keberlanjutan dan kehidupan generasi berikutnya. 

Kini desa umalulu, kecamatan Umalulu bersama komunitas telah mempersiapkan sentra pembibitan seluas 1 ha yang nantinya akan ditanami 1000 pohon cendana sebagai indukan guna pelestarian dan eksistensi cendana di pulau Sumba. 

Membagi Peran

Data populasi tanaman cendana  hasil  inventatisasi tahun 1989-1990  di 4 kecamatan antara lain Haharu, Pandawai, Pahunga Lodu, dan Wula Wejelu  mencapai 27. 907 masuk pada tahun 2001 tinggal 3. 253 (data pemkab 2001).  Dari perbandingan ini kita bisa melihat jumlah populasi cendana di Sumba Timur mengalami penurunan drastis. Tentu saja ada berbagai macam faktor salah satunya penjarahan atau  adanya pencurian kayu cendana hingga saat ini pun masih terjadi. 

Salah satu peran kita bersama adalah melakukan upaya konservasi cendana diikuti dengan kebijakan perlindungan cendana hal ini untuk membantu pelestarian yang berkelanjutan. Pemerintah dari tingkat bawah sampai atas harus membangun sebuah kerangka kebijakan guna mengangkat kembali kejayaan cendana di pulau Sumba. Peran inilah yang perlu kita dorong bersama. Di sisi lain kita perkuat pemahaman budidaya cendana kepada seluruh masyarakat dengan gerakan menanam cendana di kebun-kebun atau padang sehingga lahan tidur tidak di konversi kepada perusahaan-perusahaan yang merusak keindahan Sumba. 

Semoga dengan upaya pelestarian yang di lakukan Walhi NTT dan Green justice Indonesia dapat kembali memulihkan cendana yang merana  di Sumba Timur, kita juga mengandeg pihak pemetintah daerah untuk bersama-sama bergerak melakukan penyelamatan cendana dari kepunahan. Semoga kerja -kerja pelestarian ini menjadi kekuatan dan kebangaan kita bersama sebagai tau humba. (Deddy)

#MariKitaLakukanBersama
#CendanaLestari
×
Berita Terbaru Update