-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Di Balik Jubahmu Allah Yang Meraja

Senin, 28 Juni 2021 | 08:26 WIB Last Updated 2021-06-28T01:37:58Z

Kita bisa merasakan ketika melihat seorang imam, frater atau bruder mengenakan jubah dan seorang awam atau tokoh agama lain yang mengenakan jubah atau alba. Saat seorang imam, frater dan bruder yang mengenakan jubah kita bisa melihat perubahan aura sang imam, frater dan bruder. Bahkan harus diakui bahwa ada getaran simpati dan senang serta damai menyelimuti ruang bathin kita yang bertemu dengan imam, frater maupun bruder ketika mereka mengenakan jubah.

Dan sebaliknya ketika seorang awam atau tokoh agama lain yang mengenakan jubah atau alba, perasaan kita biasa saja, tidak ada kekuatan getaran yang menarik simpati yang kita rasakan. Singkatnya yang kita rasakan tidak seperti ketika imam, frater dan bruder yang mengenakan jubah.

Bahkan dari jubah yang dikenakan oleh seorang imam, frater dan bruder, getaran kekuatan panggilan Allah sangat dirasakan. Sebagian merasakan kuatnya panggilan Allah yang memanggil untuk menjadi seorang imam, frater kekal dan bruder hanya karena melihat para imam, frater dan bruder mengenakan jubah.

Jubah menjadi sebuah jawaban yang tegas dan pasti bahwa jubah bukan sekedar pakaian yang bisa dikenakan oleh siapapun melainkan hanya diperuntukan bagi mereka yang dipanggil dan dipilih oleh Allah sendiri. Jubah menampakan Kerajaan Allah yang ditandai melalui upacara pemberkatan jubah, Allah yang meraja yang menyalurkan kekuatan-Nya melalui jubah yang dikenakan oleh mereka yang dipanggil dan dipilih-Nya.

Jubah hendak menegaskan bahwa dibalik kelemahan dan kerapuhan seorang imam, frater dan bruder, ada kekuatan Allah yang menanungi dan menguatkan serta menguasai hidup dan diri mereka yang dipanggil dan dipilih oleh-Nya untuk mengenakan jubah itu. 

Jubah adalah tanda nyata kehadiran Kerajaan Allah yang menguatkan dan menyembuhkan kelemahan dan kerapuhan semakin jelas lewat ungkapan kerinduan perempuan yang mengalami sakit pendarahan selama dua belas tahun akan kesembuhan; 

“Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." (Mrk 5:28).

Manila: 27-Juni 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update