-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengenal Kehidupan Gereja Awali

Selasa, 08 Juni 2021 | 11:56 WIB Last Updated 2021-06-08T04:56:11Z

Salah satu sumber awal mula kehidupan Gereja adalah KISAH PARA RASUL yang ditulis oleh St. Lukas sekitar tahun 70, 40 thun setelah pristiwa sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus. 

Bila kita membuka Kisah Para Rasul, tiga teks di dalamnya menunjukkan apa arti hidup sebagai anggota jemaat Kristiani yang memuat kata kunci: Ketekunan dalam pengajaran dan persekutuan dan selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. 

Dalam Kis 2:42-47, mereka bertekun dalam pengajaran para rasul). Kis 4:32-35, mereka sehati dan sejiwa dan tidak seorangpun yang berkata sesuatu dari miliknya kepunyaanya sendiri tetapi milik bersama. Kis 5:12-16, mengadakan mukjizat dan tanda bagi banyak orang. 

BERTEKUN DALAM PENGAJARAN (Kerygma) 
Artinya mendengarkan ulasan para rasul mengenai Kitab Suci. Rasul Paulus sendiri menggunakan kata Yunani “paradosis” untuk menjelaskan bahasa Latin “Traditio" yang dalam istilah teologinya berarti suatu pengajaran atau praktek yang telah diterus-sampaikan dari satu generasi ke generasi berikutnya sepanjang kehidupan Gereja. Firman yang hidup diterima, dipelihara lalu disampaikan lebih lanjut secara utuh. 

BERADA DALAM PERSEKUTUAN (Koinonia)
Sejak semula Jemaat berkumpul bersama mula-mula di bait Allah, juga di rumah-rumah pribadi orang Kristiani dan rupanya juga di tempat-tempat umum (Lih kis 19:9). Hal ini menunjukan, bukan tempat yang membentuk jemaat, melainkan jemaatlah yang membentuk tempat untuk  ibadahnya. 

Untuk diketahui ada dua model Koinonia Gereja awali. Pertama, model Koinonia Yerusalem. Model ini memuat gagasan bahwa selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing(Kis 2;45). 

Kedua, model Koinonia Komunitas Paulus. Dasarnya adalah konsep mengenai manusia yang dipengaruhi oleh Filsafat Aristoteles, manusia sebagai Zoon Politikon, harus hidup dalam polis atau hidup bersama. Manusia adalah mahkluk yg hidup dalam persekutuan agar dapat hidup selaras  dengan kodrat alamiahnya. 

BERKUMPUL MEMECAHKAN ROTI DAN BERDOA (Liturgia)
Jemaat awal di Yerusalem dipimpin oleh para rasul. Jemaat mendengarkan pengajaran mereka. Pengajaran di sini selalu dalam konteks ada di tengah perayaan, atau kita sebut sekarang perayaan Ekaristi dan memecah roti untuk mengalami karya keselamatan Allah. Ekaristi adalah bentuk terpenting dalam Gereja awali. Perayaan ekaristi menunjukkan kebaruan ibadah kristiani. Di dalamnya orang kristiani mengalami secara nyata “hari Tuhan”. 

Oleh: Pater Garsa Bambang MSF
×
Berita Terbaru Update