-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

MENYESAL: Portal Penebusan Diri

Selasa, 01 Juni 2021 | 11:28 WIB Last Updated 2021-06-01T04:45:18Z

Tidak hidup dengan penyesalan adalah pertanda buruk.  Menyesal, setiap orang memilikinya tetapi sedikit dari kita yang membicarakannya. Penyesalan itu bagian yang tidak bisa dihindari dari kondisi manusia. 

Penyesalan mengacu pada penderitaan moral atau emosional yang telah kita lakukan yang melanggar standar dan nilai moral maupun yang sengaja tidak kita kerjakan dalam hidup. 

Penyesalan sering menggendong kesedihan dan rasa malu akut terkait tindakan atau keputusan di masa lalu. Mungkin kita menyesali pilihan pasangan atau keputusan kita seputar pilihan hubungan, kesehatan, atau karier kita. Menyesal karena terlanjur cerai dengan pasangan. Menyesal dan takut karena telah membunuh anak sendiri. 

Menjelang akhir hidup, kita mungkin menyesal tidak menghabiskan cukup waktu dengan orang yang kita cintai. Mungkin kita tidak menghargai hal-hal baik yang kita miliki, atau menikmati hadiah atas nikmat hidup. Dan masih banyak lagi. Deretan litani penyesalan ini sebenarnya adalah intro panjang betapa tidak bijaksana dan egoisnya kita selama ini. 

Tantangan kita adalah menemukan cara untuk mengakui penyesalan tanpa dilemahkan olehnya. Terobsesi atas tindakan masa lalu yang tidak bijaksana yang terus menarik perhatian kita dapat menyebabkan  depresi  dan merampas kegembiraan hidup yang sedang kita peluk sekarang.
 
Sebagaimana bunga teratai yang mekar di kolam kotor, demikian pula keputusan yang baik seringkali tumbuh dari air berlumpur, dari kondisi terburuk.  Mengetahui apa yang kita ketahui sekarang akan sangat mudah untuk melihat ke belakang dan berharap kita membuat pilihan yang berbeda, jauh lebih bermoral. 

Membuat ruang bersahabat untuk penyesalan dengan sendirinya mulai meringankan cengkeraman dari keputusan terburuk masa lalu. Iklim penerimaan diri yang lembut dapat mengalihkan perhatian kita pada apa yang dapat kita pelajari dari kesalahan kita.  

Percayalah, penebusan tidak terletak pada membuang penyesalan tetapi menggunakannya sebagai portal untuk meningkatkan pemahaman kita tentang diri kita sendiri, orang lain, dan kehidupan itu sendiri.  

Kita dapat menggunakan penyesalan kita sebagai dorongan untuk menemukan cara yang lebih sehat untuk menegaskan diri kita sendiri, mengkomunikasikan kebutuhan kita, dan menetapkan batasan dalam hidup kita. Mari merangkul rasa sakit dari penyesalan dan membakarnya sebagai bahan bakar untuk perjalanan kita. 

Oleh: Pater Garsa Bambang  MSF
×
Berita Terbaru Update