-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sekilas Pandangan Tentang Keluarga Beracun

Sabtu, 05 Juni 2021 | 11:51 WIB Last Updated 2021-06-05T04:59:59Z

Terlepas dari banyaknya cinta yang kita miliki terhadap anggota keluarga, beberapa dari kita telah tumbuh dalam keluarga yang diikat oleh jaringan perilaku kasar dan manipulatif.  

Idealnya bahwa keluarga itu adalah sekolah kemanusiaan, perusahan kecil yang terus-menerus menghasilkan nilai-nilai moral yang  bisa menjadi sumbangan bagi tata kelola hidup bersama. 

Namun beberapa faktor potensial di bawah ini menunjukkan bahwa cinta itu tidak selamanya berjalan mulus, bertumbuh baik dan berbuah manis dalam sebuah keluarga.

DEMEN BERGOSIP
Keluarga yang beracun sering menghabiskan waktu untuk bergosip tentang anggota keluarganya. Gosip yang bersifat jahat yang ditujukan untuk menjatuhkan anggota keluarga, entah suami, istri, anak, mertua, menantu atau ikatan keluarga yang lain.

MENGHUJAT KELEMAHAN FAMILINYA
Keluarga beracun terus terobsesi untuk memilih kelemahan sanak keluarganya. Menggunakan apa yang mereka ketahui tentang kerentanan saudara-saudaranya sehingga membuat anggota keluarga merasa buruk tentang dirinya sendiri. Keluarga beracun selalu berpotensi mempermalukan saudaranya di depan orang lain. 

TIDAK MENGIJINKAN SAUDARANYA BERUBAH
Keluarga beracun adalah keluarga yang membatasi ruang gerak anggota keluarganya. Mereka melihat hidup bersama dalam satu atap sebagai saingan yang harus dikalahkan, direndahkan dan dikucilkan.

PERILAKU KASAR DIANGGAP LUMRAH
Pelecehan dalam keluarga dapat berkisar dari pelecehan emosional hingga pelecehan fisik dan seksual.  Dalam keluarga beracun perilaku kasar seolah jalan terbaik dan direstui; bertangan besi bak preman yang terus menghardik saudaranya untuk diam prihal pelecehan yang diterima hanya demi menjaga reputasi keluarga.  Pelaku dilindungi di dalam keluarga. Mengenaskan. 

TIDAK ADA RUANG KOMUNIKASI
Ketika orang lain bertanya, bagaimana kabar saudaramu, keluarga yang beracun selalu membuat narasi dan membangun kesan seolah-olah baik-baik saja, tidak ada masalah.  Anggota keluarga beracun tak pernah lelah menciptakan narasi yang mendukung kebutuhan mereka agar publik tidak mencium aroma kebusukan dalam keluarga.  

Inilah beberapa zat beracun yang menyelinap masuk dalam tubuh keluarga. Keluarga beracun diikat oleh benang cinta yang lemah.  Orang-orang di dalamnya saling menggunakan. Mereka bermain kotor dan memanipulasi sanak keluarganya sendiri. 

Kalian mungkin menjadi favorit dalam satu minggu ini dan minggu berikutnya kalian mengetahui bahwa keluargamu sendiri telah mengatakan hal-hal buruk di belakangmu.
Fondasi yang lemah ini membuat keluarga beracun menjadi lingkungan yang mudah menguap dan tidak stabil. 

Bisa dibayangkan anda berada dalam satu atap rumah tetapi diperlakukan seperti pengungsi. Tidak bisa hidup tenang. Mereka cenderung menusuk anda dari belakang.

Oleh: Pater Garsa Bambang  MSF
×
Berita Terbaru Update