-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Imam Jalanan

Senin, 05 Juli 2021 | 07:11 WIB Last Updated 2021-07-05T00:11:43Z

Tetap mengikuti protocol kesehatan covid 19, mencoba mengisi waktu-waktu senggang di sore hari dengan keliling melihat-lihat umat di sekitar paroki. Tempat yang disasar adalah di perempatan atau di depan kios umat yang tepat di jalan utama di dalam subdivision.

Memilih berhenti di depan kios atau perempatan karena biasanya banyak umat termasuk anak-anak yang lewat sekedar jalan-jalan maupun jogging dan bisa mengajak mereka ngobrol sejenak, dan menanyakan keadaan mereka. Setelah 30 menit kembali ke pastoran. 

Dan dalam pertemuan singkat di pinggir jalan itu, hanya ada empat pertanyaan yang selalu saya lontarkan kepada mereka; “apakah kabar, apakah sudah vaksin atau belum, minggu lalu mengikuti misa atau tidak, dan nanti pada hari Minggu mengikuti misa jam berapa?”

Dan dari pertanyaan, itu misalnya mereka belum vaksin, saya anjurkan agar segera vaksin, jika takut maka saya anjurkan untuk ke dokter melakukan konsultasi dan meminta rekomendasi. Termasuk jika jawaban mereka bahwa minggu lalu mereka tidak misa, maka katekese singkat tentang pentingnya mengikuti misa sebagai sumber dan puncak kehidupan umat beriman diberikan. Dan ketika sudah mengetahui mereka akan mengikuti misa ke berapa pada hari Minggu, saya hanya mengatakan; “baik besok padre tunggu di gereja ya.”

Perjumpaan di jalanan ataupun di kios, bagi saya adalah perjumpaan iman dan katekese yang ikut meneguhkan peziarahan imamatku. Terimakasih untuk umatku yang dalam kesederhanaan kalian, masih menjadi teman dalam peziarahan iman dan pelayanan imamatku.

Manila: 03-Juli 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update