-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Visi-Misi Yonathan Damu Ndunu, Cakades Pulu Panjang - Sumba Timur

Jumat, 23 Juli 2021 | 22:31 WIB Last Updated 2021-07-24T09:24:39Z
Ilustrasi: media probolinggo.co.id


Kabupaten Sumba Timur saat ini  sedang mempersiakan perhelatan pemilihan kepala desa pada 25 Agustus 2021 mendatang, ada 100 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak. kini ada yang berbeda dari biasanya di mana sejumlah figure muda masuk dalam bursa calon kepala desa di beberapa wilayah. 

Salah satunya figur muda yang terlibat adalah Yonathan Damu Ndunu, S.TP yang turut mengambil bagian dalam ajang pilkades mendatang di Desa Pulu Panjang, kecamatan Nggaha Ori Angu, kabupaten Sumba Timur 

Yonathan Damu Ndunu salah satu dari sekian banyak anak muda yang maju sebagai calon kepala desa Pulu Panjang. Ayo intip siapa sosok figur muda ini? 

Yonathan Damu Ndunu S.TP lahir di Desa Pulu Panjang pada tanggal 30 Juni 1985 Ia merupakan salah satu anak muda yang dalam kesehariannya bergerak dalam berbagai aktivitas sosial, ia menamatkan sarjana teknologi pertanian di Universitas Kristen Arthawacana  Kupang pada tahun 2013 selama studinya ia sangat aktif dalam bernagai organisasi kepemudaan di kota kupang, salah satunya menjadi inisiator terbentuk organisasi mahasiswa Nggoa ( IPMA NGGOa) di kota kupang, kemudian aktif juga di organisasi kepemudaan (OKP) Gerakan Mahasiswa Nasional Indinesia (GMNI). 

Dengan banyak terlibat di berbagai organisasi dan lembaga sosial lainnya, ia juga merupakan salah satu aktivis yang vokal menyuarakan berbagai persoalan di NTT, kini sepak terjangnya setelah menempa banyak ilmu dan pengalaman ia memberikan dirinya untuk melayani dan berbuat untuk desa Pulu Panjang sebagai calaon kepala desa periode 2021-2027. Sebuah langkah yang besar untuk membangun desa, berbekal ilmu dan pengalaman ia sadar bahwa sudah saatnya kembali ke desa dan membangun desa menjadi mandiri dan kuat. 

Ia melihat ada banyak potensi yang dapat dikembangkan, baik di sektor pertanian, peternakan, ini modal besar di desa saya, yang nanti saya kembangkan untuk kepentingan masyarakat desa dan daerah ini. "Ujar Yonathan"

Saat di wawancarai media pada 23/07/2021 mengapa memilih maju?  Ia menjelaskan bahwa sudah saatnya anak muda mengambil peran dalam pembangunan desa. Kita ketahui bersama bahwa pembangunan Indonesia harus di mulai dari desa. Dengan adanya Undang-undang desa Nomor 6 Tahun 2014 kita dapat membangun desa dengan memanfaatkan potensi desa  yang ada demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, tentu dengan melibatkan semua masyarakat desa dalam mengambil keputusan atau kebijakan.

Dalam rangka menjadi pegiat desa pemuda harus mampu membangun sinergi, bekerja sama, hal itu tidaklah mudah karena akan membutuhkan komitmen dan konsisten terhadap komitmen itu sendiri. "Ungkap Yonathan".

Sebagai figur muda yang maju dalam pilkades serentak, apa harapan anda? 

Yah...setiap orang tentu punya harapan akan sebuah perjuangan, harapannya adalah dipercayakan menjadi pemimpin di desa. Setelah harapan ini tercapai tentu saya akan bekerja melayani masyarakat dan desa Pulu Panjang. Membangun dengan melibatkan masyarakat, dengan  pembangunan partisipatif, transparan dan akuntabel.

Harapan selanjutnya saya ingin membangun desa yang mandiri, sejahtera dan inovatif mengedepankan partisipasi, budaya dan keberlanjutan lingkungan hidup sebagai unsur penting dalam pembangunan desa Pulu Panjang. 

Sebagai anak muda tentunya banyak pilihan, mengapa tertarik menjadi calon kepala Desa? 

Saat ini pembangunan di mulai dari bawah yaitu desa, apa lagi saat lahirnya UU  Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, ada semangat pembangunan yang menuju pada desa yang mandiri, maju, kuat, demokratis dan sejahtera. Di sini saya tertarik ingin membangun desa yang mandiri, inovatif dengan mengembangkan segala potensi. Peran ini lah yang saya mau ambil, membangun desa bukan saja pada pembangunan fisik, tetapi juga membangun mental, pola berpikir masyarakat untuk melibatkan diri dalam pembangunan desa sesuai amanah undang-undang desa tersebut. 

Apa Visi dan Misi anda ? 

Saya merumuskannya dalam 1 visi dan 12 Misi, ini berangkat dari potensi yang ada di desa Pulu Panjang, poin-poin besar misi ini nantinya akan dirumuskan lagi dalam strategi program kerja, jika saya dipercayakan. 

Visi : 

GOTONG ROYONG BERSAMA RAKYAT MEMBANGUN DESA YANG MANDIRI, JUJUR, ADIL, SEJATERA, BERBUDAYA DAN BERMARTABAT

Misi : 

Mewujudkan Pembangunan  Pemerintahan Desa yang memadai dengan melibatkan masyarakat Desa

2. Mewujudkan perekonimian desa dengan memanfaatkan potensi desa, baik di sektor pertanian dan pertenakan melalui Program pengembangan Badan Udasa Milik desa ( BUMDES).

3. Meningkatkan Pelayanan Publik dan keterbukaan informasi, melalui program internet desa

4. Mengoptimalkan hasil produksi pertanian dan perternakan melalui program gerakan mandiri pangan yang berkelanjutan

5. Pemerataan pembanguna infrastruktur di setiap dusun di desa Pulu panjang melalui program pembangunan desa.

6. Meluaskan kesadaran hukum masyarakat melalui Program Masyarakat sadar Hukum. 

7. Meningkatkan mutu layanan kesehatan di desa Pulu Pajang melalui Program gerakan desa sehat.

8. Meningkatkan kualitas Pendidikan  baik Formal maupun non Formal melalui program gerakan kampung cerdas.

9. Meningkat ketersediaan sarana dan prasarana umum yang aman dan nyaman malalui program peningkatan sarana dan prasarana umum berbasis teknologi ramah linkungan.

10. Menanamkan nilai-nilai rligius dai program kearifan lokal melaului program pembangunan nilai spiritual dan adat istiada

11. Meningkatan kesejahteraan kaum perempuan melalui program perlindungan perempuan dan anak di desa Pulu Panjang  baik di kesehatan, pendidkian dan ekonomi.

12. Membangun Desa yang aman dan tentram melalui Gerakan Jaga Kampung sehingga menjamin masyarakat dalam berusaha dan memenuhi kehidupan ekonominya. 

Ini lah Visi dan Misi yang nantinya akan dikerjakan oleh Yonathan Ndamanuna, S.PT pemilik Nomor urut 1. Semua rencana program ini akan dilaksanakan bersama semua pihak demi kesejahteraan desa Pulu Panjang.

×
Berita Terbaru Update