-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

MENYIMPAN RAHASIA: Penyelamat atau Setan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 16:43 WIB Last Updated 2021-08-22T09:43:52Z
[…Menyimpan rahasia anda sendiri adalah kebijaksanaan, tetapi mengharapkan orang lain untuk menyimpannya adalah sebuah perjudian_William Scott Downey…]

Menurut studi yang dikerjakan oleh Michael Slepian dari Universitas Columbia dan Alex Koch dari Universitas Chicago (2021), sangat umum bagi orang untuk menyimpan rahasia. 
Dikatakan bahwa frekuensi orang yang memegang rahasia saat ini berkisar 97% dengan rata-rata setiap orang memegang 13 rahasia sekaligus. 

Meskipun umum, menyimpan rahasia tidak terlalu baik untuk kesehatan mental.  Asal diketahui kerahasiaan berkorelasi dengan kesejahteraan tubuh; depresi, kecemasan dan gejala kesehatan yang buruk."  

Ini menimbulkan pertanyaan, Jika menyimpan rahasia menyerang kebahagiaan kita, bukankah lebih baik mengungkapkan rahasia itu dan kemudian hidup dengan konsekuensinya? 

Rahasia jatuh ke dalam tiga dimensi dasar yang melibatkan hubungan, kemampuan pribadi, dan moralitas. Setiap jenis rahasia membawa risikonya sendiri-sendiri. 

Setiap orang memiliki setidaknya satu rahasia, dan itu bisa sehat atau tidak sehat. Rahasia bisa besar atau kecil, dan itu  bisa membuat orang tertarik, penasaran atau bisa saja sarana pemecah belah. 

Mengetahui kapan harus menyimpan rahasia dan kapan harus membagikannya adalah latihan yang menantang. Juga menentukan apa yang rahasia dan apa yang bukan merupakan tantangan lain yang tidak kalah rumit.  

Terkadang menyimpan rahasia untuk waktu yang lama dapat menyebabkan perilaku merusak diri sendiri, stress yang dibarengi kecanduan karena ketegangan menyimpannya sehingga mungkin sulit untuk ditanggung. 

Dalam artikelnya, “ The Power of Secrets ,” Evan Imber-Black membagikan bagaimana rahasia dapat membentuk dan mempengaruhi kita 

Pertama, rahasia yang dibagikan bisa menyebabkan terjadinya pengasingan secara permanen bagi korban. 

Kedua, menceritakan rahasia dalam kehidupan keluarga bisa menjadi petaka dalam hubungan harmonis suami-istri dan anggota keluarga lain. 

Ketiga, rahasia yang bocor bisa membekukan titik-titik penting dalam kehidupan dan mencegah pertumbuhan yang tepat dalam diri seseorang. 

Beberapa rahasia dimaksudkan untuk disimpan dan beberapa dirilis pada waktu yang tepat. Singkatnya, rahasia dapat membebani mental dan dapat membajak perasaan, kapasitas dan kejujuran kita. 

Mengidentifikasi rahasia mana yang paling berbahaya dapat membantu orang memperoleh pemahaman yang lebih jujur ​​dan memuaskan tentang diri mereka sendiri.

Oleh: Pater Garsa Bambang MSF
×
Berita Terbaru Update