-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pater Tuan Kopong MSF: Saya Diselamatkan Karena Saya Katolik

Minggu, 22 Agustus 2021 | 15:45 WIB Last Updated 2021-08-22T08:45:52Z

Bahwa ada yang berpendapat agama tidak memberikan keselamatan melainkan Tuhan itu tidak salah menurut kacamata agama yang mereka anut. Namun tidak bagi saya sebagai seorang yang beragama Katolik, karena Katolik dididirikan oleh Yesus sendiri untuk meneruskan perwujudan karya keselamatan Allah di tengah dunia.

Dengan mengatakan bahwa Gereja yang didirikan Yesus adalah Katolik (bdk. Mat 16:18-19) itu nampak dari ciri rasuli yang masih dipertahankan oleh Gereja Katolik hingga hari ini. Hanya Gereja Katolik yang mengakui, mempertahankan dan meneruskan ciri rasuli yaitu kuasa pengampunan dosa yang diberikan Yesus kepada Petrus yang terus berlangsung didalam Gereja Katolik (Mat 16:19).

Tidak berhenti di situ, karena Yesus juga memberikan kuasa kepada Petrus yang mengungkapkan ciri rasuli yang hierarkis untuk mengembalakan (Yoh 21:15-19) termasuk tugas untuk menguatkan kita semua (lih Luk 22:32) yang juga masih dilaksanakan atau dijalankan hanya oleh Gereja Katolik hingga hari ini.

Dari sini menjadi sangat jelas bahwa makna di atas batu ini, Aku akan mendirikan Gereja-Ku, Yesus mempertegas Diri-Nya bahwa Ia menjadi dasar, fondasi utama ataupun batu penjuru (1Kor 3:11) dari Gereja itu sendiri yang juga hingga hari ini masih diakui oleh Gereja Katolik yang secara gamblang oleh Santo Ignasius dari Antiokia bahwa Katolik karena didalamnya ada Kristus (lih. KGK. 830).

Dari pernyataan Santo Ignasius yang tentunya merupakan buah refleksi dari Kitab Suci menjadi jelas bahwa dengan menjadi seorang yang beragama Katolik saya diselamatkan karena iman akan Kristus namun juga karena sebagai seorang Katolik ikut mengemban tugas dari Yesus sendiri yaitu meneruskan terlaksananya karya penyelamatan Allah di dunia ini.

“Bagaimana mungkin saya bisa mewartakan karya keselamatan Allah kalau saya sendiri tidak pernah mengalami karya keselamatan Allah melalui Kristus dengan menjadi seorang yang beragama Katolik?”

Benar bahwa karya keselamatan Allah melalui Yesus Kristus namun jika saya tidak beragama Katolik maka sayapun tidak diselamatkan. Alasannya sudah jelas yaitu karena Yesus adalah dasar dan kepala dari Gereja Katolik (Ef 1:22-23) yang memberikan kehidupan bagi Gereja-Nya seperti yang Yesus sendiri gambarkan bahwa Dia adalah Pokok Anggur dan kita ranting-ranting-Nya (lih. Yoh 15:1-8). Artinya jika saya tidak bersatu dengan Kritus di dalam Gereja Katolik maka saya tidak akan mendapatkan kehidupan atau keselamatan (lih. KGK. 846).

Maka jika ada yang mengatakan bahwa agama tidak memberikan keselamatan, maka pertanyaannya; “jika agama tidak memberikan keselamatan, untuk apa saya beragama?” Dan jika saya tidak meyakini bahwa hanya dengan menjadi Katolik saya tidak diselamatkan, lantas untuk apa saya menjadi Katolik?

Justru karena saya meyakini bahwa hanya dengan menjadi Katolik, saya diselamatkan oleh Kristus maka saya menjadi seorang yang bergama Katolik. Karena keselamatan dari Allah melalui Yesus Kristus secara nyata diberikan kepada dan melalui Gereja Katolik dalam hal ini melalui Petrus yang hingga hari ini hanya Gereja Katolik yang meneruskan dan melaksanakan ciri, kuasa dan kewenangan rasuli yang diterima oleh Petrus dari Yesus.

Pelaksanaan ciri, kuasa dan kewenangan rasuli oleh Gereja Katolik hingga hari ini, juga menegaskan pengakuan Gereja terhadap Petrus sebagai Paus pertama di dalam Gereja Katolik.

Keterangan:

Bdk. Telephorus Krispurwana Cahyadi SJ, “Apakah Mendidikan Gereja?”, hidupkatolik.com, 11-October 2018.
Foto: vatikankatolik.id

Manila: Agustus 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update