-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Doa Suami-Isteri: Berikanlah Kami Cinta Untuk Saling Memaafkan

Jumat, 17 September 2021 | 06:03 WIB Last Updated 2021-09-16T23:03:07Z

Doa Bapa Kami adalah doa yang diajarkan oleh Yesus untuk kita umat-Nya dan selalu kita doakan entah didalam Perayaan Ekaristi, Ibadat Sabda, Rosario dan doa-doa pribadi.

Doa Bapa Kami bisa menjadi fondasi kekuatan rumah tangga dan hubungan suami-isteri meskipun ragam persoalan dan konflik dialami. Rumah tangga dan hubungan suami-isteri dengan segala persoalan termasuk konflik yang dihadapi mampu menjadi rumah dan sekolah iman serta pengampunan karena Cinta Allah yang meraja. 

Doa Bapa Kami bisa dimaknai secara luas untuk keluarga dan juga dalam hubungan suami istri. Ketika konflik suami-isteri yang seringkali terjadi adalah munculnya “kerajaan ego” masing-masing yang nampak dalam sikap saling mempersalahkan dan mendendam, doakanlah Doa Bapa Kami seraya memohon “Datanglah Kerajaan CintaMu didalam hati dan rumah tangga kami.” 

Tidak hanya rejeki yang diminta namun mintalah juga Cinta kepada-Nya;

“berikanlah kami cinta pada hari ini” yang memiliki daya dan kekuatan pengampunan sehingga mampu mengampuni suamimu, isterimu agar tidak jatuh dalam cobaan ego masing-masing.

Santo Theodore the Studite mengatakan;

“Yang paling dicintai iblis adalah mendapatkan setiap orang yang tidak mengampuni yang lain.”

Maka jangan sampai dendam yang berlarut-larut tanpa pengampunan diantara pasangan suami-isteri menjadi kesempatan bagi iblis untuk menghancurkan rumah tangga dan hubungan suami-isteri.

Santo Yohanes Maria Vianney mengatakan;

“Jalan untuk mengatasi iblis saat ia membangkitkan rasa benci terhadap mereka yang melukai kita adalah dengan segera berdoa untuk pertobatan mereka.”

Dengan kata lain kebencian dan dendam hanya bisa diatasi ketika doa menjadi kekuatan kita dan salah satunya adalah Doa Bapa Kami, dimana kita memohon kepada Allah;

“Datanglah Kerajaan CintaMu, Berikanlah kami Cinta yang memiliki daya pengampunan agar bisa mengampuni suamiku, isteriku dan tidak lagi jatuh dalam pencobaan ego kami masing-masing.”
Untukmu pasangan suami-isteri:

“Jangan biarkan sehari berlalu tanpa pengampunan, tanpa mengembalikan damai dalam rumahmu. Jangan pernah membiarkan matahari terbenam tanpa berdamai” (Paus Fransiskus, Kepada Pasangan Yang Bertunangan; 14-Februari 2014).

Manila: 16-September 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update