-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kalahkan Kejahatan Dengan Kebaikan (Roma 12:21)

Jumat, 03 September 2021 | 23:23 WIB Last Updated 2021-09-03T16:23:40Z
“Padre, bagaimana ini dana kita kurang untuk melaksanakan vaksinasi. Apalagi nanti kalau vaksinasi kedua untuk vaksinasi pertama jarak waktunya berdekatan”, demikian keluh pengurus vaksinasi paroki kepada saya beberapa hari yang lalu.

Saya kemudian mengatakan kepada mereka; “bersyukurlah karena dalam kesulitan kita masih dipercaya oleh Allah untuk membagikan berkat-Nya untuk saudara-saudari kita.” Dalam setiap kesulitan, selalu ada limpah kebaikan yang akan kita terima. Dan salah satu kebaikan yang meneguhkan dan menguatkan kita adalah semangat teman-teman bersama sukarelawan yang tanpa keluh meninggalkan keluarga: suami, istri dan anak-anak kalian selama sehari, bahkan mungkin “dimarahi” juga oleh mereka.

Lihatlah Salib, dibalik penderitaan ada keselamatan dan sukacita melimpah untuk kita. Kita jadikan pengalaman hari ini sebagai pengalaman “menapaki” Jalan Salib Kristus bahwa sukacita besar akan kita rayakan ketika pengorbanan kita menjadi sukacita sesama.

Disaat kita mengeluh, setan menjadikan keluhan kita sebagai kesempatan untuk mengobrak-abrik benteng iman kita. Kita mulai malas-malasan, cepat emosi dan marah dan ketika ada kekurangan diantara kita, kita saling mempersalahkan satu sama lain. Dan pada menit yang sama setan akan bersorak kegirangan karena ia telah menjadi pemenang yang mengalahkan niat baik kita.

Saya tahu kita sangat-sangat kesulitan, dan itu juga yang kalian ketahui. Namun Allah tak membiarkan kita berjalan dalam kesulitan untuk sebuah kebaikan yaitu menghadirkan Kerajaan Kasih-Nya untuk kebaikan dan keselamatan sesama kita. Dia sendiri melalui doa-doa kita akan mengetuk pintu hati mereka yang kelebihan untuk ikut berpartisipasi dalam sebuah karya Kebaikan Allah melalui paroki kita.

Dan hari ini, kita akhirnya bisa melihat dan menikmati kelimpahan kebaikan Allah itu yang akhirnya bisa kalian bawa pulang sebagai ole-ole untuk keluarga kalian. Banyak hambatan yang akan kita alami dalam setiap karya baik yang akan kita lakukan. Namun setiap hambatan itu dapat kita kalahkan ketika kita tetap berdiri teguh pada pada iman dalam satu harapan bahwa Allah sendirilah bekerja lantaran satu keluhan menjadi pintu masuk sekian bentuk godaan setan.

Jadilah pemenang iman dengan mengalahkan keburukan dari diri kita sendiri yaitu keluhan dengan kebaikan dan sukacita. Karena dari dan dalam sukacita kita ada harapan yang tak pernah padam, lantaran kita dipanggil dan diutus untuk membagikan rahmat kasih-Nya; “Gifted to Give.”

Manila: 03-September 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update