-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mencintai Seusai Patah Hati

Rabu, 15 September 2021 | 15:50 WIB Last Updated 2021-09-15T08:58:00Z
Menemukan keberanian untuk mencintai lagi pasca mengalami patah hati yang hebat bukanlah perkara mudah.  Katakanlah seorang bernama Alicia mengalami patah hati dan marah pada dirinya sendiri, setelah perpisahan terakhirnya dengan seorang pria yang memanfaatkannya dalam segala hal, termasuk secara finansial dan kini hidupnya compang-camping. 

Hal yang sama juga dialamai oleh Jason yang diliputi kemarahan dan kepahitan atas tindakan perselingkuhan yang berulang kali dilakukan istrinya.  "Tidak ada wanita yang bisa dipercaya," tegasnya dengan nada marah. 

Baik Alicia maupun Jason adalah contoh dua tipe pribadi yang memiliki perasaan yang sama: “Saya tidak akan pernah mencintai lagi. Tidak akan lagi!" 

Betul bahwa mengambil risiko mencintai setelah patah hati memang menakutkan. Batin terus diguyur ancaman bahwa ada sesuatu yang buruk terjadi bila seseorang mencintai kita.  

Adalah mungkin untuk menemukan cinta setelah patah hati, jika memberi diri waktu seluas-luasnya untuk merenung sambil berproses apa yang terjadi dan bagaimana menyelesaikan perasaan masa lalu yang sakit. 

BERI WAKTU UNTUK BERDUKA DAN MERENUNG
Mengatasi kesedihan dengan merangkul perasaan sakit adalah pintu pertama menuju kedamaian batin. Mulai merefleksikan apa yang salah dan bagian mana yang tidak berhasil. 

MEMAAFKAN DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN
Memaafkan tidak berarti mengatakan apa yang terjadi baik-baik saja atau kita bisa melupakan rasa sakitnya. Memaafkan mantan dan diri sendiri membebaskan seseorang untuk mulai melepaskan sehingga dapat mulai melanjutkan hidup. 

MEMBANGUN KEMBALI PERASAAN BAIK TENTANG HIDUP
Adalah langkah baik bisa melakukan kegiatan yang paling disenangi. Menghabiskan waktu bersama teman-teman yang mungkin selama ini tidak banyak dilakukan saat bersama mantan kekasih. Temukan kembali hal-hal positif yang mampu menjadi diri sendiri. Potensi yang masih memberi harapan. Temukan. 

KELUAR DARI ASUMSI RERUNTUHAN HUBUNGAN MASA LALU
Alasan bahwa mantan kekasih pembohong dan penipu tidak berarti bahwa orang yang akan ditemui berikutnya akan seperti itu. Mewaspadai pola hubungan lama yang buruk adalah hal baik, namun bergerak untuk menyelamatkan dan mencoba mengubah dinamika hidup yang lain adalah juga pilihan yang mendesak.

TERBUKALAH PADA SESEORANG YANG BERBEDA
Tidak berarti dengan sengaja mencari kebalikan dari mantan. Tidak. Ini mengandaikan berpikiran terbuka untuk mengenal seseorang yang mungkin berbeda dari tipe pasangan yang disukai di masa lalu. 

BERI WAKTU BAGI CINTA UNTUK BERTUMBUH
Semua pernah mengalami lintasan menyedihkan setelah patah hati. Sangat menggoda untuk menyerah pada sensasi asmara. Pesimis oleh kegembiraan cinta baru.
Tetapi penting juga untuk membangun persahabatan yang solid satu sama lain dan membiarkan kepercayaan tumbuh. Hal ini dapat membantu cinta menjadi tidak hanya lebih indah tetapi juga lebih kuat dari biasanya.

Oleh: Pater Garsa Bambang  MSF
×
Berita Terbaru Update