-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Paus Fransiskus: Mengeluh Adalah “Racun” Bagi Hati

Jumat, 03 September 2021 | 14:44 WIB Last Updated 2021-09-03T07:48:50Z

Mengeluh dan menyalahkan orang lain adalah buang-buang waktu. Cara menaklukan kejahatan adalah dengan mengalahkannya di dalam hati kita snediri.

“Jika kita melihat kedalam, kita akan menemukan hampir semua yang kita benci itu berada di luar.” Dan jika dengan tulus kita meminta kepada Allah untuk membersihkan hati kita, saat itulah kita akan membuat dunia lebih bersih. 

“Karena ada satu cara sempurna untuk mengalahkan kejahatan dengan menaklukan diri sendiri.” Paus Fransiskus mengajak umat Katolik untuk berhenti menyalahkan orang lain atas segala sesuatu yang salah di dunia ini dan di dalam kehidupan kita. 

“Kita sering berpikir bahwa kejahatan itu datang terutama dari luar: dari perilaku orang lain, dari mereka yang berpikiran buruk tentang kita, dan dari lingkungan. “Seringkali kita menyalahkan yang lain, lingkungan dan dunia atas segala sesuatu yang terjadi pada kita! Kita selalu berpikir orang lain yang selalu salah: itu adalah kesalahan manusia, kesalahan mereka yang memerintah, kemalangan dan sebagainya.”

Menurut Paus Fransiskus; kita seringkali lebih mudah menghabiskan waktu untuk menyalahkan, meskipun menghabiskan waktu untuk menyalahkan adalah membuang-buang waktu.

“Kita menjadi marah, dingin dan menjauhkan Allah dari hati kita, demikian penjelasan Paus yang menunjuk sikap orang Farisi seperti yang dijelaskan dalam bacaan Injil Markus ( Mrk 7:1-8.14-15.21-23) yang mempersoalkan Yesus dan para murid-Nya yang “makan tanpa membersihkan terlebih dahulu diri mereka.”

“Racun keluhan itu yang memimpin kita pada kemarahan, kebencian dan kesedihan yang mana menuntup pintu hati kita bagi Allah.” Paus Fransiskus mengajak kita semua untuk berdoa memohon rahmat untuk tidak membuang waktu mencemari dunia dengan keluhan, karena itu bukan semangat Kristiani. Yesus mengajak kita untuk melihat dunia dan kehidupan mulai dari hati kita.”

Paus mengajak semua orang untuk meminta Tuhan agar membebaskan diri kita dari sikap yang suka menyalahkan orang lain dan mengulang kembali pesan para Bapa Gereja yang mengatakan bahwa LANGKAH PERTAMA pada JALAN menuju KEKUDUSAN adalah dengan “MENYALAHKAN DIRIMU SENDIRI.”

“Berapa banyak dari kita, sepanjang hari, dalam satu waktu sepanjang hari atau satu waktu selama seminggu, mampu menyalahkan diri sendiri?” Paus Fransiskus mengajak kita semua untuk berhenti mengeluh dan menyalahkan orang lain untuk kebaikan bersama dan dunia.”

Manila: 31-Agustu 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update