-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Surga Tanpa Salib: Sebuah “Kemandulan” Beriman

Senin, 20 September 2021 | 10:18 WIB Last Updated 2021-09-20T03:18:21Z

“Mencintai Salib Tanpa Pengorbanan Adalah Sebuah “Kemandulan” Beriman. Salib Kristus Hanya Berarti Dan Bermakna Didalam Kehidupan Beriman Dan Pelayanan Kita, Ketika Ada Perngorbanan Dan Kerendahan Hati.”

Letih yang membahagiakan dan mendamaikan itu yang bisa saya dan beberapa umat rasakan hari ini. Sejak pukul 08.30 pagi sampai 02.30 siang saya ditemani pengurus lingkungan yang semuanya para ibu mengunjungi umat di 10 lingkungan (komunitas) yang berada di sekitar pusat paroki.

Perjalanan hari ini bersama para ibu mengingatkan saya pada perjalanan Yesus berkeliling dari kota ke kota dan desa ke desa yang ditemani oleh beberapa wanita dan melayani Yesus dengan harta benda mereka (bdk. Luk 8:1-3).

Para ibu yang menyertai perjalanan saya hari ini harus rela basah kuyup diterjang hujan yang membasahi Filipina sejak kemarin malam hingga sore hari ini. Walau pada saat misa hujan sempat berhenti dan mulai hujan lagi sekitar pukul 10.00 pagi. Bahkan mereka rela lapar bersama saya, meninggalkan suami dan anak-anak mereka sejak pagi hanya untuk membawa sukacita Salib kepada para umat bersama Bunda Maria La Salette.

Saya menyemangati mereka seraya berkata;

“Ini adalah sebuah jalan setepak mengikuti Jalan Salib Yesus Kristus. Yang kita lakukan hari ini adalah sebuah pengorbanan kecil menghidupi dan membagikan pengorbanan Tuhan kita Yesus Kristus.”

Letih dan lapar yang rasakan hari ini bahkan hujan yang menerpa membasahi tubuh kita selama perjalanan adalah berkat bagi umat yang kita kunjungi yang selama ini haus akan kehadiran Yesus, rindu akan sapaan gembala mereka dan itu nampak dari kesetiaan mereka menanti kedatangan kita bersama Bunda Maria La Salette walaupun mereka harus mengorbankan istirahat siang mereka.

Dan inilah surga yang sedang kita jalani dan kita bawa bagi umat kita secara nyata hari ini. Surga yang sejati adalah yang harus melewati pengorbanan, kesetiaan dan kerendahan hati (bdk. Mrk 9:30-37) Surga tidak sekedar dinikmati namun harus dipikul, dijalani dan dibagikan melalui peristiwa salib sebagaimana yang kita jalani bersama hari ini.

Sukacita umat yang kita kunjungi dan sapa bersama Bunda Maria La Salette hari ini dalam pemercikan air berkat kepada mereka, rumah dan patung serta gambar-gambar kudus milik mereka menegaskan kepada kita bahwa mereka sungguh merasakan salib yang kita pikul dan bagikan dalam semangat pengorbanan, kesetiaan dan kerendahan hati.

Manila: 19-September 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update