-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Maria: Bunda Yang Bersama Dalam Ziarah Doa

Jumat, 08 Oktober 2021 | 13:56 WIB Last Updated 2021-10-08T06:56:53Z
Setiap saat selalu ada pesan masuk entah melalui wa maupun mesenger agar minta didoakan ataupun mendoakan orang tua, keluarga, saudara, saudari dan kenalan. Sebagian secara jujur memang bukan teman fb saya, maka saya sendiripun tidak mengenal mereka.

Bahkan beberapa kali termasuk dengan umat saya, saya mendoakan yang sakit melalui video call dan mempersembahkan misa bagi yang meninggal melalui zoom.

Mereka meminta saya untuk berdoa bersama bagi yang sakit maupun yang sudah meninggal karena iman mereka kepada Yesus. Bukan karena saya. Mereka mengenal saya mungkin melalui tulisan-tulisan, namun perkenalan melalui tulisan-tulisan itu yang meneguhkan dan menguatkan iman mereka kepada Yesus sehingga membuat kami memiliki kedekatan hubungan dalam iman yang ditandai dengan mengajak saya untuk berdoa bersama sesuai dengan intensi yang diharapkan.

Ada juga yang mengirim foto mereka, keluarga dan orang tua mereka yang sedang sakit untuk bersama mendoakan dalam iman. 

Pengalaman sederhana ini mengingatkan saya pada sosok Ibu dari kehidupan beriman saya yaitu Bunda Maria. Saya tidak pernah mengenal Bunda Maria secara langsung. Saya mengenalnya melalui Kitab Suci dan ajaran-ajaran Gereja yang semakin meneguhkan dan menguatkan iman saya kepada Yesus Kristus sebagai seorang imam dan juga umat Kristen Katolik dan memiliki kedekatan iman dengan Bunda Maria sebagai Bunda saya.

Saya kemudian mengingat sabda Yesus, saat Yesus di kayu salib; “Ibu, inilah anakmu. Inilah ibumu.” (Yoh 19:25-27). Yesus memberikan Bunda Maria kepada Gereja namun juga kepada saya pribadi karena iman kepada Kristus. Demikian juga Yesus mempercayakan Gereja dan tentunya saya kepada Bunda Maria karena iman kepada Yesus Kristus. 

Fokusnya adalah Iman kepada Yesus Kristus. Sebagaimana mereka yang meminta saya bersama mendoakan intensi pribadi, keluarga, sahabat dan sanak saudara karena iman mereka kepada Yesus Kristus. Sebuah kerinduan untuk semakin dekat dengan Yesus melalui doa, ketika saya karena jarak, menggunakan berbagai sarana untuk ikut berdoa bersama, bisa melalui vc, atau foto yang didoakan. Melalui video call maupun foto yang didoakan secara iman ada kedekatan personal atas nama Yesus Kristus.

Mereka yang meminta doa untuk intensi pribadi maupun untuk keluarga, sahabat dan sanak saudara artinya mengajak untuk berdoa bersama.

Demikian juga dengan Bunda Maria. Untuk mengungkapkan kerinduan iman saya kepada Yesus Kristus maka saya juga mengundang Bunda Maria untuk ikut berdoa bersama kepada Yesus Kristus Puteranya. Untuk mengungkapkan kerinduan iman saya membutuhkan kehadiran Bunda Maria walaupun tidak secara fisik, tetapi bisa juga melalui gambar maupun patung Bunda Maria.

Ketika didepan patung Bunda Maria atau foto Bunda Maria saya tidak sekedar berdoa melalui pengantaraan Bunda Maria, melainkan berdoa bersama Bunda Maria dan itu nampak jelas dalam doa Salam Maria; 

“Santa Maria Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini.”

Artinya pada saat saya berdoa sebagai ungkapan iman kepada Yesus Kristus di depan gambar maupun patung Bunda Maria, saya juga mengajak Bunda Maria berdoa bersama saya untuk mendoakan saya yang berdosa ini. Karena permohonan yang saya ungkapkan itu terjadi dalam doa sekaligus memohon doa Bunda Maria artinya Bunda Maria ikut bersama saya dalam ziarah doa saya kepada Yesus Kristus.

Manila: 07-Oktober 2021
Pater Tuan Kopong MSF
×
Berita Terbaru Update