Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

2022: Setahun untuk Diingat, Setahun Untuk Dijalani

societasnews.id
Jumat, 31 Desember 2021 | Desember 31, 2021 WIB Last Updated 2022-01-01T00:02:24Z
2022: Setahun untuk Diingat, Setahun Untuk Dijalani


Sebelum Tahun Baru dimulai, penting untuk mengenali kekuatan yang telah kita semua tunjukkan dengan melewati tahun 2021. Kita mengalami tantangan dan tekanan yang tidak seperti yang kita hadapi sebelumnya sebagai manusia global.  

Baca juga: Julukan Kunci, Pahlawan Manggarai Tak Tertandingi Jaman Penjajahan Belanda

Kita menghadapi isolasi, pemutusan hubungan, kecemasan , ketakutan , dan kelangkaan sumber daya hidup. Banyak dari kita yang masih berduka kehilangan, terhuyung-huyung dari kesulitan ekonomi, mencari makna, dan berharap bahwa tahun baru akan membawa kita rasa lega dan kesempatan baru dalam hidup. 

Maka, Tahun Baru sering kali menjadi waktu untuk menilai sesuatu: untuk melihat ke belakang selama dua belas bulan terakhir, pada keberhasilan dan kekurangan kita, kegembiraan dan penyesalan dan untuk melihat ke depan pada apa yang kita harapkan di masa depan. 

Baca juga: Natal, Betlehem, Keutuhan Ciptaan

Tahun Baru selalu membawa tradisi budaya kemungkinan baru. Kita melihatnya sebagai peluang untuk pembaruan.

Dan ketika kita memikirkan kemungkinan, kita menempatkan diri kita tepat di tengah-tengah gambar. Kita mulai memimpikan kemungkinan diri yang baru. Kita merancang diri ideal kita, membentuk citra diri yang lebih kuat. 

Membuka Tahun Baru dengan sendirinya membuka kesadaran baru. Sebab sebagian besar waktu hidup kita tidak terungkap sesuai dengan naskah yang kita inginkan. Begitu banyak pengalaman kita yang berada di luar kesadaran—sebagai manusia, kita tidak menyadari seluruh jangkauan pikiran dan perasaan kita.  

Baca juga: Kamu Dicintai oleh Tuhan, Sebab Kamu adalah Umat pilihan-Nya

Kita berulang kali menemukan bahwa pekerjaan dan orang-orang yang tampak sangat cocok di atas kertas ternyata kurang menarik dalam kenyataan. Pada saat yang sama, kita sering terkejut ketika kegiatan dan orang-orang yang tidak kita harapkan untuk dinikmati, membawa kita kebahagiaan dan kepuasan.  

Tugas kita adalah melihat ke dalam; memupuk hubungan dan pengalaman yang mungkin membuat kita bahagia, bahkan jika itu tidak terlihat luar biasa atau bergengsi dari luar.


Caloocan City

Garsa Bambang, MSF

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 2022: Setahun untuk Diingat, Setahun Untuk Dijalani

Trending Now

Iklan