Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Penyegaran Rohani Umat: Memperdalam Tata Perayaan Ekaristi

societasnews.id
Senin, 13 Desember 2021 | Desember 13, 2021 WIB Last Updated 2021-12-13T09:42:38Z
Penyegaran Rohani Umat: Memperdalam Tata Perayaan Ekaristi


Menggembirakan dan syukur kepada Tuhan karena sekitar 85-an umat termasuk OMK yang hadir dalam rekoleksi advent sekaligus pembekalan iman dan pembaharuan hidup serta pelayanan yang dilaksanakan semalam, Minggu; 12-Desember 2021 di Christ the King Parish. 

Tema yang diberikan sebagai bahan rekoleksi, formation dan renewal semalam oleh Padre Tuan MSF selaku pastor paroki adalah tentang Tata Perayaan Ekaristi yang didalamnya dibahas tentang Susunan Perayaan Ekaristi, Tata Gerak dan Sikap Tubuh selama Perayaan Ekaristi berlangsung, posisi tangan saat menyambut Tubuh Kristus, Sikap tubuh Pro Diakon, Lektor, Pemazmur dan Misdinar serta petugas kolekte dan kerapian serta pakaian petugas liturgi.

Baca juga: Tolak Laporan Korban Perampokan, Polisi Dibina di Polres Jatim

Pada kesempatan inj diperdalam juga Tanda Salib yang wajib dilakukan pada Perayaan Ekaristi dan makna tanda salib kecil dan doa saat menjelang pembacaan Injil. 

Rekoleksi dan pembekalan ini dikaitkan dengan tema Sinode: Persatuan, Partisipasi dan Misi. Dalam Perayaan Ekaristi sangat nampak Persatuan, Partisipasi dan Misi yang berjalan bersama dalam satu jalan yang sama, maka merayakan Ekaristi harus dilandasi oleh Spiritualitas dan bukan sekedar kewajiban.

Baca juga: Natal: Momen Berbagi Kasih Karunia Tuhan

Merayakan Ekaristi yang dilandasi oleh Spiritualitas menjadi jalan menciptakan kehening pada saat misa karena dalam keheningan itu iman yang berbicara, iman yang menjumpai dan dijumpai oleh Yesus, karena persatuan kita dalam Ekaristi  dengan spiritualitas iman, Yesus hadir.

Rekoleksi dan Pembekalan dimulai jam 19.30-21.15

Manila: 13-Desember 2021

Pater Tuan Kopong MSF

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penyegaran Rohani Umat: Memperdalam Tata Perayaan Ekaristi

Trending Now

Iklan