Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Varian Baru Virus Corona Omicron Terdeteksi di Indonesia, Ini Cara Pencegahannya

societasnews.id
Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB Last Updated 2021-12-18T00:51:48Z
Varian Baru Virus Corona Omicron Terdeteksi di Indonesia, Ini Cara Pencegahannya
Ilustrasi: kompas


Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Varian baru virus Corona Omicron sudah terdeteksi di beberapa negara termasuk di Indonesia. Nama lainnya yakni B.1.1.529. 

Kemenkes mendeteksi 5 kasus probable Omicron yang dilakukan tes genome sequencing-nya. 

Baca juga: Sebelum Bunuh Diri, Kepala Desa Mbakung, Berpesan Begini Terhadap Istrinya

Satu orang pekerja pembersih di RSD Wisma Atlet yang berinisial N terpapar penyakit tersebut tanpa ada gejala sebelumnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), seperti dilansir foxnews.com, mengungkapkan gejala atau ciri-ciri varian Omicron yakni demam atau kedinginan, batuk, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau baru, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau pilek, mual atau muntah dan diare.

Baca juga: Berkat Orang Tua: Perisai Bagi Anak-anak

Menkes menegaskan masyarakat senantiasa waspada dan mengikuti protokol kesehatan (prokes) seperti mencuci tangan, memakai maskar, menjaga jarak, menghindari keramaian, melakukan vaksinasi, dan meningkatkan ventilasi ruang dalam sebab penyebaran penyakit tersebut sangat cepat.

"Tidak usah khawatir, tidak usah panik, tetap kita hidup seperti biasa dan yang paling penting jaga kewaspadaan" pesan Menkes kepada masyarakat Indonesia.

Baca juga: Doamu Meruntuhkan Maklumat “Haram”

Pihak WHO menghimbau negara-negara untuk melakukan cara pencegahan penukaran Omicron dengan tujuan untuk meningkatkan upaya pengawasan terhadap varian baru. Lonjakan penularan varian baru tersebut didata secara lengkap. Negara perlu mengetahui kasus atau kluster yang terinfeksi. Oleh karena itu, penyelidikan lapangan dan penilaian laboratorium sangat perlu dilakukan agar penyakit tersebut mudah diketahui publik. (EF/SN)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Varian Baru Virus Corona Omicron Terdeteksi di Indonesia, Ini Cara Pencegahannya

Trending Now

Iklan