Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Komunikasi Keindahan Universal

societasnews.id
Sabtu, 15 Januari 2022 | Januari 15, 2022 WIB Last Updated 2022-01-15T12:08:02Z
Biarkan Keindahan di dalam dirimu berkomunikasi dengan Keindahan di dalam diri yang lain



[..Biarkan Keindahan di dalam dirimu berkomunikasi dengan Keindahan di dalam diri yang lain..]

Apresiasi keindahan dan keunggulan adalah hal yang sangat individual. Apa yang menginspirasi saya ini mungkin membuat yang lain tidak setuju. Tidak masalah. Bukan objeknya yang penting. Yang penting adalah kesadaran membangun perasaan kagum atau heran saat menanggapi kehadiran orang lain dan panorama dunia di sekitar kita. 


Setiap kali kita berada di hadapan manusia lain, kita berbagi satu kondisi yang tidak dapat disangkal: kita berdua ada secara bersamaan pada saat ini. Masing-masing dari kita berada dalam perjalanan hidup kita masing-masing sambil secara bersamaan terhubung sebagai sahabat dalam kemanusiaan.  

Saat bersama kita bisa langsung berkomunikasi satu sama lain. Pertanyaan yang dieksplorasi di sini adalah: Apakah komunikasi itu Indah? Artinya, apakah komunikasi akan diekspresikan dengan kualitas keindahan universal seperti cinta kasih, kesabaran, dan keaslian? 

Saat saya berusaha untuk melakukan ini dalam hidup saya sendiri, premis dasar saya adalah: biarkan keindahan di dalam diri saya berkomunikasi dengan Keindahan di dalam dirimu. Keyakinan saya yang melekat adalah bahwa kecantikan atau keindahan berada di setiap manusia sebagai atribut bawaan.  


Kita manusia memiliki identitas individu yang sangat kompleks yang dapat mengaburkan keberadaan kita bersama dari Kecantikan batiniah. Secara metaforis, saya membayangkan saya dapat ditutupi dengan "selubung ketidakjelasan."  

Kerudung ini bisa berbeda karena program genetik saya, watak alami, pendidikan keluarga, lingkungan budaya, pendidikan, pengalaman hidup, dan banyak lagi. 
Setiap kali saya berdiri di depan orang lain, satu atau lebih kerudung saya mungkin menampilkan varian dari persona luar sebagai respons terhadap situasi yang dihadapi.  

Saya tidak menilai selubung sebagai baik atau buruk. Intinya adalah bahwa selubung-selubung ini menabur keindahan terdalam dari keberadaan saya yang paling otentik; keindahan dalam diri saya yang benar-benar ingin berkomunikasi dengan Keindahan dalam diri orang lain. 


Saya percaya ketika kita berusaha secara individu untuk berkomunikasi dengan indah kita akan berubah sebagai masyarakat. Jika kita mengenali kehadiran Keindahan bawaan dalam diri kita semua, kita secara kolektif dapat membebaskan diri kita dari keyakinan bahwa perpecahan diperlukan untuk membenarkan pandangan kita. 

Caloocan City
Oleh: Pater Garsa Bambang, MSF
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komunikasi Keindahan Universal

Trending Now

Iklan