Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Tanda Salib Adalah Tanda Iman

societasnews.id
Sabtu, 15 Januari 2022 | Januari 15, 2022 WIB Last Updated 2022-01-15T12:30:26Z

 

Tanda Salib Adalah Tanda Iman

“Segala sesuatu yang kita lihat di dalam Gereja Katolik ada satu tujuan: untuk menceriterakan kisah cinta.” (Mgr. Donald Wuerl)

Harus kita akui dengan jujur bahwa sebagian dari kita yang kadang masih takut membuat Tanda Salib di depan umum apalagi dihadapan mereka yang berbeda dengan kita. Ada sebagian juga yang membuat Tanda Salib seperti orang “mengusir” nyamuk atau lalat. 

Baca juga: Komunikasi Keindahan Universal

Tanda Salib bukan sekedar penyampai identitas bahwa kita adalah Kristen Katolik. Tanda Salib juga bukan sekedar dibanggakan sebagai tanda kemenangan. Namun Tanda Salib pusat iman kita, mengimani misteri kematian dan kebangkitan Kristus. Tanda Salib menyadarkan kita semua akan makna terindah dari penderitaan dan kematian Yesus yang membawa penebusan dan keselamatan bagi umat manusia teristimewa bagi kita umat-Nya.

Ketika kita membuat Tanda Salib berarti kita mengimani misteri penderitaan dan kebangkitan Kristus. Maka pada saat kita membuat Tanda Salib kita mengungkapkan iman kita, menjadikan Yesus Kristus yang bersekutu dalam persekutuan Allah Tritunggal sebagai pusat iman kita.

Baca juga: Alasan Mencintai Katolik: Karena Katolik Adalah “Akarnya”

Dengan kata lain, ketika kita membuat Tanda Salib kita mewartakan iman kita; “kita meletakan seluruh hidup kita di bawa Rahmat Salib. Ketika kita membuat Tanda Salib seraya berkata; “Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, kita hendak mewartakan dan menegaskan bahwa kita adalah bagian dari Keluarga Ilahi, Keluarga Allah Tritunggal.

Dari sini menjadi jelas bahwa pada saat kita membuat Tanda Salib ada dua hal yang sedang kita wartakan yaitu: persekutuan Allah Tritunggal dan kita adalah bagian dari Keluarga Ilahi; Keluarga Allah Tritunggal.

Disamping itu pada saat kita membuat Tanda Salib, kita menghadirkan berkat Allah untuk kita. Ketika tangan menyentuh dahi kita (Dalam nama Bapa); Allah Bapa memberkati dan menyucikan pikiran kita, ketika tangan menyentuh dada kita (Dan Putera); Allah Putera memberkati dan menyucikan hati atau jiwa kita dan ketika tangan bahu kita (Dan Roh Kudus); Allah Roh Kudus memberkati dan menyucikan seluruh kehidupan kita.

Tanda Salib adalah Tanda Iman umat Kristen Katolik karena kita adalah pengikut Kristus. Maka wartakanlah dengan penuh iman, cinta dan sukacita! Dengan membuat Tanda Salib kita mengisahkan Cinta Allah kepada kita dan Cinta kita kepada Allah sebagai bagian dari Keluarga Ilahi.


Manila: 14-Januari 2022

Tuan Kopong MSF

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tanda Salib Adalah Tanda Iman

Trending Now

Iklan