News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Isi Khotbah Yohanes di Padang Gurun

Isi Khotbah Yohanes di Padang Gurun
Isi Khotbah Yohanes di Padang Gurun


Yohanes berkotbah dipadang gurun! Khotbah Yohanes dinubuatkan oleh nabi Yesaya, yang mengatakan: "Ini adalah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkan jalan untuk Tuhan, luruskan jalannya!"  Sangat mengejutkan bahwa sang nabi meramalkan misi Yohanes seperti suara "di padang gurun".  


Kita harus menafsirkan penyebutan ini dalam arti metaforis daripada fisik. Yohanes berteriak dan didengar oleh mereka yang "di padang gurun", yaitu, terlepas sepenuhnya dari segala sesuatu yang tidak mengarah kepada Tuhan.  Sebaliknya, ketika seseorang berada dalam hiruk-pikuk dunia, melekat pada apa yang ada di dalamnya - kesombongan, kerakusan, dan segala hubungan manusia yang menjauhkan seseorang dari kebajikan, seseorang menjadi tuli terhadap suara yang mengundangnya kepada pertobatan.  Maka kata-kata Yohanes Pembaptis sendiri dianggap seperti suara orang berseru di padang gurun, karena nyatanya banyak orang tak bertobat.


Paus Fransiskus mengatakan, “Suara Yohanes Pembaptis juga berseru hari ini di padang gurun umat manusia, yaitu - padang gurun dimana pikiran tertutup dan hati yang keras, dan itu membuat kita bertanya pada diri sendiri apakah kita benar-benar berada di jalan yang benar, menjalani kehidupan sesuai dengan Injil.  


Hari ini, seperti saat itu, dia memperingatkan kita dengan kata-kata nabi Yesaya: 'Persiapkan jalan untuk Tuhan, luruskan jalan-Nya'.  Ini adalah undangan yang mendesak untuk membuka hati kita dan menerima keselamatan yang Tuhan tawarkan kepada kita tanpa henti, agar lepas dari keras kepala, karena dia ingin kita semua bebas dari perbudakan dosa.”


Selamat hari minggu

Salam pertobatan

Rm. Kardiaman Simbolon, OCarm